Ada dimensi penting yang tetap harus diperhatikan dalam pembelajaran digital seperti kurikulum yang sesuai dengan context proses peningkatan kompetensi dan kinerja, penerapan pedagogik yang sesuai dengan peserta pembelajaran, belajar melalui proses pengalaman via simulasi dan implementasi, interaksi dan keterlibatan emosi pikiran dengan sesama peserta dan Subject Matter Expert (SME), membangun kreativitas melalui objek pembelajaran dan knowledge yang memotivasi dan bervariasi, memanfaatkan teknlologi informasi dan komunikasi yang paling memungkinkan berjalannya dimensi pembelajaran (kemampuan akses, waktu dan tempat).
Learning Knoweldge Object berbasis digital memiliki dimensi fleksibilitas seperti mudah untuk digunakan kembali (reusable), kustomisasi object dan relasinya, kuantitas akses terkait waktu dan tempat, variasi modul berbasis multimedia (modalitas visual, auditory, kinesthetic) yang dapat dioptimalkan pada pedagogic dan taxonomi (Bloom dan Gagne). Simulasi objek pembelajaran digital memberikan pemahaman dan keterlibatan (engagement) yang lebih mendalam tentang konsep dan penerapan materi pembelajaran karena content knowledge nya merupakan hasil strukturalisasi objek (instructional design) yang telah dilakukan eksternalisasi.
Komentar
Posting Komentar